Friday 29 November 2013

Menulis Itu Hobi Saya

Membaca judul diatas sepertinya bukan menjadi pilihan bagi banyak orang bila dikaitkan dengan hobi. Hobi bisa bermacam-macam dari yang melibatkan fisik hingga pikiran. Hobi yang menjadi nomer satu dibandingkan yang lain adalah menulis.

Sudah semenjak SMP saya terbiasa menulis, menulis tentang apa saja yang saya lihat dan saya pikirkan. Awal mula dulu saya menulis kegiatan sehari-hari mulai dari berangkat sekolah, kegiatan di sekolah hingga pulang dan berada di rumah. Pertama kali saya memiliki agenda khusus untuk menulis adalah saat kelas 2 SMP. Agenda berwarna hitam yang dibelikan oleh mama saya, penuh dengan tulisan cerita saya hanya dalam waktu 4 bulan saja. Dan saya membeli yang baru untuk menulis lagi. Karena mahalnya buku agenda saat itu untuk ukuran anak SMP seperti saya, maka saya menggantinya dengan buku tulis biasa.

ilustrasi
Bila dihitung ada lebih dari 5 buku tulis yang saya habiskan hanya dalam jangka waktu 2 bulan. Semua berisi cerita saya maupun cerita imajinasi yang muncul dalam pikiran saya. Kegiatan menulis itu berlanjut saat SMA. Karena uang jajan saya lebih banyak dibanding saat SMP dulu, saya jadi bisa membeli buku agenda lagi. Dan kali ini saya sekali membeli ada 3 buah buku. Dengan asumsi kalau pake buku agendakan kesannya lebih keren kalau dilihat dibanding buku putih biasa, hehehe... 

Saat SMA bisa dikatakan adalah saat produktif buat saya dalam menulis, karena hampir tiap waktu luang saya selalu menulis apa saja, mulai dari pertandingan bola hingga sinetron. Melihat orang berantem dijalanan juga saya ceritain di buku agenda saya. Pokoknya apa saja saya tulis di buku itu.
Bila dimasukkan dalam kardus air mineral, buku agenda saya bisa memenuhi kardus itu. Kalau tidak salah ada lebih dari 20an buku tulis biasa dan 9 buku agenda. Mama saya saja sampai heran buat apa menulis sebegitu banyak, terus mau diapain buku-buku itu nantinya.

Sayangnya, saat pindah ke Purwokerto selepas lulus SMA buku-buku itu tidak terbawa. Sedih sebenernya karena kadang saat lagi suntuk saya biasa membaca lagi tulisan saya itu. Saat kuliah adalah saat tidak produktif dalam tulis menulis karena banyaknya kegiatan intra dan ekstra kampus. Berakibat daya menulis saya menurun drastis saat itu. Saya mulai menyukai menulis lagi ketika mulai mengerjakan tugas akhir (skripsi). Daya imajinasi dan menulis dari saya kembali tumbuh dengan sendirinya.

Saat ini juga kadang kalau ada waktu luang saya menulis apa saja didalam laptop saya dirumah. Hanya sudah tidak produktif seperti dulu, karena setelah ada anak seringnya main dengan anak. Padahal peristiwa yang terjadi beberapa tahun belakangan ini di kehidupan saya bisa saya tulis lagi. Baru setelah kepikiran beberapa waktu lalu, saya mencoba untuk membuat blog kecil-kecil. Sembari menyalurkan hobi menulis saya. 

Bila ada waktu luang tidak ada salahnya membagi cerita ke siapa saja. Ayo, biasakan menulis dimana saja dan kapan saja. Yakin deh, kalo sudah lama terus kita membaca tulisan kita lagi terkadang akan senyum-senyum sendiri asal jangan keterusan aja senyum-senyum ga jelasnya.  

No comments:

Post a Comment