Monday 18 November 2013

Kopi versus Obat Flu

Flu yang sudah mendera saya selama empat hari ini mulai berasa tidak enak di badan, bahkan biasanya yang setelah minum obat flu langsung tertidur semalam tidak terjadi. Efek tidur dari obat flu itu tidak berfungsi sama sekali. Usut punya usut sepertinya karena di pagi dan sore hari saya minum secangkir kopi. Apa itu yang mengakibatkan efek obat tidak berjalan. Sedikit saya coba cari tahu tentang hal itu.

1. Kopi
    Kopi yang mengandung zat kafein tinggi merupakan hasil metabolisme sekunder golongan 
    alkaloid dari tanaman kopi yang memiliki rasa pahit.
Struktur Molekul Kafein
    Peranan kafein dalam tubuh adalah meningkatkan efek psikomotor sehingga tubuh tetap 
    terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Yang efeknya baru 
    terasa setelah beberapa jam mengonsumsi kopi. Kandungan kafein dalam secangkir kopi 
    adalah sebanyak 85 mg, sementara batas aman mengonsumsi kopi dalam sehari adalah 
    100 - 150 mg.

2. Obat Flu Decolgen
   Obat flu yang beredar di pasaran memiliki komposisi zat dan jenis yang beragam.      
   Hanya saja obat flu yang saya konsumsi setelah saya amati memiliki komposisi zat 
   diantaranya adalah Paracetamol, Fenilpropanolamin HCl, Klorfeniramin Maleat
Decolgen Flu 
              a. Paracetamol
                  Berkhasiat analgetika-antipiretika, maksudnya berkhasiat menghilangkan rasa 
nyeri atau sakit dan menurunkan panas.

              b. Fenilpropanolamin HCl
                  Obat-obat ini harus berhati-hati dalam penggunaannya untuk penderita hipertensi, karena dapat meningkatkan tekanan darah.

              c. Klorfeniramin Maleat
                 Obat ini berkhasiat sebagai anti histamin atau obat anti alergi. Zat ini hampir selalu ada dalam komposisi obat flu yang beredar. Efek samping yang ditimbulkan bila terkandung zat ini dalam obat itu adalah mengantuk. 

Fakta yang didapat saya dari dua hal diatas kopi dan obat flu adalah :
1. Hari itu saya meminum kopi sebanyak dua cangkir. Bila secangkir kopi mengandung 85 mg kafein, sementara ada 2 cangkir kopi yang saya minum berarti dalam tubuh saya terkandung 170 mg kafein. Yang mana hal itu melebihi batas aman konsumsi kafein dalam sehari yang 100-150 mg.
2. Efek dari kafein adalah dapat menimbulkan efek psikomotoris yang membuat tubuh terjaga dan efek fisiologis berupa peningkatan energi.
3. Obat flu yang saya minum mengandung klorfeniramin maleat. Zat ini memiliki efek samping mengantuk.

Kesimpulan yang bisa saya ambil kemungkinan yang terjadi adalah karena jumlah kafein dalam tubuh saya yang melebihi batas normal konsumsi untuk sehari, berakibat efek obat yang seharusnya timbul yaitu mengantuk tidak dapat saya rasakan. Hingga akhirnya tubuh tidak merespon efek yang ada dalam obat flu itu.

Jadi, bagi saya apabila sedang dalam keadaan sakit flu lebih baik tidak mengkonsumsi kopi yang melebihi batas normal. Agar efek obat yang saya minum bisa efektif. Sekali lagi pepatah yang mengatakan "Sesuatu yang berlebihan biasanya tidak baik" ada benarnya juga. (end)

sumber :

No comments:

Post a Comment