Wednesday 27 November 2013

Kode Etik

Beberapa waktu belakangan ini ranah pemberitaan diramaikan dengan berita-berita yang menyangkut "kode etik". Di tataran pemberitaan nasional ada berita mengenai kasus dr Ayu yang dikaitkan dengan kode etik kedokteran. Saya tidak akan membahas mengenai kasus dr Ayu itu, karena sudah banyak orang - orang pintar yang membahas lebih dalam kasus tersebut. Dan bukan pula keahlian saya untuk membahasnya juga.

Kode etik lainnya adalah tentang hubungan Indonesia - Australia yang memanas, gegara kelakuan Australia yang melakukan penyadapan ke pejabat negara Indonesia. Penyadapan yang secara etik hubungan diplomatik sebenarnya diperbolehkan apabila kedua negara sedang mengalami permusuhan. Dalam hal ini, antara Indonesia dengan Australia sebenarnya tidak ada yang dipertentangkan, namun tindakan Australia itu memang sudah melanggar kode etik berhubungan dua negara. 

ilustrasi
Lalu, apa sebenarnya kode etik itu sendiri ? Apa kode etik itu ada disetiap hubungan atau profesi ? Buat saya pribadi secara gampangannya, kode etik itu adalah aturan yang secara resmi maupun tidak resmi, tertulis ataupun tidak tertulis sudah ada dalam setiap sendi kehidupan dan perilaku kita. Kode etik secara sosial dan kelembagaan bisa mengikat individu ataupun organisasi dalam berkegiatannya. Bahkan, dalam kehidupan pribadi kita berkeluarga ada kode etik yang mengatur hubungan antara suami, istri, anak dan keluarga yang lain. Jenis hukumannya apa jika ada pihak yang melangga kode etik tersebut ? Semua diserahkan ke masing-masing pihak dalam menetapkannya.

Jadi, ketahuilah kode etik masing-masing dalam berkehidupan, bermasyarakat, berkeluarga, berbangsa dan lain-lain agar terjalin keharmonisan berhubungan.

No comments:

Post a Comment